Latest News

SEJARAH PERKEMBANGAN MOBIL



SEJARAH  PERKEMBANGAN  MOBIL  , Hari ini ,kita keluar rumah melihat lalu lalang mobil memadati jalan ,membuat jalanan macet. Mobil dengan bermacam –macam model dan merk berseliweran dijalan raya .Sebelumnya ,beberapa tahun yang lalu sekitar 25 tahun yang lalu sewaktu saya masih kecil ,jarang sekali melihat mobil seperti sekarang ini, paling –paling saat hari raya Idul Fitri naik truk ke pasar hanya itu saja .


               



Tahukah para pembaca tentang sejarah keberadaan mobil di muka bumi ini ? berikut ini saya tulis tentang sejarah mobil dari waktu awal sampai sekarang ini, tulisan ini mungkin masih kurang lengkap ,akan tetapi dapat menambah pengetahuan kita semua tentang sejarah mobil.

Pertama ,mobil awal mulanya di buat dengan mempunyai 2 buah layar layaknya perahu layar tetapi mempunyai roda dan berjalan didarat  layar mempunyai fungsi menangkap angin dan menggerakan roda mobil tenaga angin ini dibuat tahun 1600- an tetapi tidak bertahan lama ,karena tergantung dengan keadaan angin bertiup dan tentunya tidak dapat digunakan bila tidak ada angin. Mobil tenaga angin tidak populer karena tergantung dengan situasi angin yang bertiup.

Kemudian pada tahun 1769 seorang ilmuan Prancis  bernama  Nicholas Cugnot  menemukan mobil dengan tenaga uap , mobil inilah yang menjadi titik tolak pembuatan mobil yang lebih modern  .Cugnot merakit mobil roda tiga bertenaga uap untuk membawa meriam yang berat dan takmungking dibawa dengan tenaga manusia .Cuknot juga mebuat kerata uap yang di beri nama kereta Cugnot juga pada tahun 1769.



        




Kemudian pada tahun 1789 seorang ilmuan Amerika bernama Oliver Evans membuat mobil bertenaga uap yang dapat bergerak sendiri didarat dengan menggunakan roda dan di air menggunakn rodam berdayung atau kincir.Oliver Evans menjadi pemilik paten mobil ini pertama kalinya di Amerika  pada tahun 1789.




             





Kemudian di Inggris pada tahun 1825 ,seorang bangsawan Inggris   bernama Sir Goldsworth Gurney membuat mobil bertenaga uap yang di beri nama Gurney Steam Coach ( Mobil tenaga uap ). Mobil ini berukuran besar , tidak praktis dan susah dijalankan ,kemudian para ilmuan banyak mencoba membuat mobil bermesin kecil yang praktis  dan pada tahun 1860  seorang ilmuan bernama Etienne Lenoir membuat sebuah mesin pembakaran dalam .Mesin ini menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya  dan membutuhkan waktu tiga jam untuk menempuh jarak 11 km.



  




Selanjutnya penemuan mobil berkembang pada tahun 1835 , dibuatlah mobil baru yang bisa mengangkut banyak penumpang ,mobil ini dibuat oleh ilmuan Inggris bernama Walter Hancock’s, mobil ini sangat mirip dengan bus masa kini ,akan tetapi masih menggunakan bahan bakar uap.



                      




Pada tahun 1876 , Nikolous  Augustus Otto berhasil membuat mesin pembakaran dalam  yang lebih baik . Mesin –mesin yang ada sampai sekarang memiliki prinsip kerja  mirip dengan mesin Otto. Mesin ini lebih praktis karena sistim pembakaran  dalam yait usisitem pembakaran didalam mesin tidak seperti mesin uap yang melakukan pembakaran diluar mesin. Mesin Otto menggunakn siklus  empat langkah piston yang menyedot campuran bahan bakar dengan udara kedalam silinder, kemudian piston menekan / memampatkan  campuran udara dan bahan bakar ,kemudian piston menangkap energi yang dilepaskan ketika campuran dibakar dan selanjutnya membuang sisa pembakaran sebelum memulai siklus baru. Begitu berulang ulang.


                              





Selanjutnya pada tahun 1885 ,seorang ilmuan jerman Karl Benz membuat mobil beroda tiga menggunakan bahan bakar bensin yang prinsip kerjanya mirip mesin Otto. Dari sinilah kemudian mesin dipakai pad mobil modertn saat ini, Karl Benz bersama dengan Gottlieb Daimler menyempurnakan desain dari mesin Otto dan menggunakn mesin ini pada beberapa kendaraan. Beberapa tahun kemudian bedirilah perusahaan gabungan bernama Daimler –Benz, seirng waktu kemudian menjadi  Daimler –Chriysler .perusahan ini memproduksi mobil –mobil merek Mercedes – Benz sampai sekarang. Pada tahun 1886 Gottlieb Daimler membuat mobil dengan empat roda dan menggunakan bahn bakar bensin kelebihannya mobil Daimler yaitu dapat mengangkut lebih dari satu orang.

Setelah itu para ilmuwan dari berbagai negara berlomba mengembangkan mobil seperti Emile Levassor  ilmuwan dari perancis yang memproduksi mobil secara lengkap pada tahun 1891. Di Amerika serikat ilmuwan Cadillac juga membuat mobil yang lebih nyaman dengan penutup bagaian atas dan samping serta roda –rodanya terbuat dari ban yang sebelumnya dari kayu.

Pada perkembangan selanjutnya muncul mobil –mobil yang lebih nyaman dinaiki seperti mobil merek Buick, Oldsmobile, Chevrolet,Ford ,Jaguar ,BMW ,Ferrari ,Aston Maretin ,Bentley ,Lamborghini ,Porsche ,VWjuga Bugatti dari Italia .Dari Inggris raya muncul Rolls Royce yang kemudian menjadi mobil terbaik di dunia.
Setelah itu berkembang ke wilayah Asia seperti Honda Motor Co ,Ltd , Mitsubishi ,Suzuki, Nissan,Toyota dan seterusnya .


Demikian tentang sedikit  tulisan Sejarah perkembangan mobil .  semoga bermanfaat.


0 Response to "SEJARAH PERKEMBANGAN MOBIL "